Enam Hantu Pesugihan Jawa

Tuyul Arwana
Teknologi yang sudah maju ternyata tidak membuat orang Indonesia kehilangan kepercayaan pada hal-hal berbau klenik. Terbukti dengan masih tingginya minat pada hal-hal tak masuk akal seperti pesugihan.

Di masyarakat, khususnya Jawa, terdapat kepercayaan akan adanya makhluk-makhluk gaib yang dikatakan mampu menjadi perewang (pembantu) dalam mencari rejeki.

Berikut ini enam hantu perewangan yang dipercayai orang Jawa, mampu menjadi pesugihan.


1. Tuyul

Tuyul dipercaya sebagai hantu berwujud manusia cebol seperti balita, namun berwajah dewasa. Konon tuyul ini mampu mencuri uang di mana pun, bahkan yang sudah disimpan rapat. Hanya saja, tuyul mengambil sedikit demi sedikit, tanpa diketahui pemilik uang.

Pemilik tuyul biasanya harus memberi sesaji pada tuyul agar tetap mau menuruti komandonya, yaitu mencuri uang dari tetangga sekitar.

Konon tuyul seringkali didapat dengan cara jual beli. Mungkin ada semacam peternakan tuyul begitu.

2. Dhenok Dheblong

Hantu jenis ini bentuknya bermacam-macam. Pada intinya, tugas hantu ini adalah membantu pekerjaan si majikan. Konon di Kartasura, Jawa Tengah, pernah ada seorang wanita yang memiliki dhenok dheblong. Wanita ini bekerja menjadi dukun penyembuh dengan bantuan peliharaannya itu.

Hantu jenis ini umumnya didapat dengn cara bertapa, atau ada juga yang datang menawarkan diri pada dukun untuk membantu.

3. Buto Ijo

Yang ini lebih ngeri
Hantu berwujud raksasa dengan tubuh berwarna hijau (mirip Hulk?) yang dipercayai masyarakat Jawa sebagai salah satu hantu paling mengerikan.

Buto ijo digolongkan sebagai hantu ganas yang bila terlupa sesaji, akan membahayakan nyawa pemeliharanya.

Konon, resiko ini sebanding dengan penghasilan yang didapat. Hantu ini bisa mengambil uang dalam jumlah besar-besaran.



4. Setan Gundhul

Wujud hantu satu ini sebenarnya agak mirip dengan tuyul. Bedanya, konon hantu jenis ini kalau mengambil uang tidak tanggung-tanggung. Andai uang disimpan dalam peti, maka akan diambil se-peti-petinya juga, bukan hanya uangnya.

5. Menthek

Menthek adalah hantu pertanian. Hantu ini dipercaya sebagai sebuah ilmu hitam yang menyedot padi yang hampir dipanen. Akibatnya biji gabah menjadi kosong. Konon pemilik menthek inilah yang menimbun berasnya.

Menurun sains modern, menthek sebenarnya adalah hama, dan tidak ada hubungannya dengan dunia gaib.

6. Hantu Anggara Kasih

Anggara kasih artinya  "Selasa Kliwon". Orang yang meninggal pada malam atau hari selasa kliwon, dipercaya bisa menjadi perantara untuk pesugihan.

Kepercayaan tentang hal ini beda di tiap-tiap tempat. Di Yogyakarta Utara (kawasan Sleman) masyarakat mempercayai bahwa kain kafan orang yang meninggal Selasa Kliwon bisa dijadikan pesugihan. Oleh karena itu, mereka menjaga sampai 7 hari agar tidak dicuri. (sumber: Odi Shalahudin).

Di tempat tinggal penulis blog ini, bahkan lebih ekstrim lagi. Jasad yang meninggal Selasa Kliwon harus dijaga sampai Selasa Kliwon berikutnya (35 hari). Biasanya digenapkan menajdi 40 hari. 

Bedanya lagi, yang dianggap akan diincar penganut pesugihan adalah kepala si mayat, bukan kain kafannya.


Begitu banyak kepercayaan yang tidak rasional ini masih berkembang. Tentunya selain bertentangan dengan ajaran agama, juga bisa menghambat kemajuan bangsa ini.






Daftar Pustaka:

Endraswara, Suwardi. 2004. DUNIA HANTU ORANG JAWA. Yogyakarta: Penerbit Narasi.

Postingan terkait:

12 Tanggapan untuk "Enam Hantu Pesugihan Jawa"

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu

    ReplyDelete
  2. Di tengah maraknya banyak oknum yg melakukan penipuan pesugihan lwt internet kami dari PAGUYUBAN PARANORMAL PESUGIHAN hadir untuk menawarkan jalan pesugihan yg benar2 bisa sesuai harapan anda, kami tidak melakukan ritual jarak jauh, jadi anda tau keberadaan kami & yg paling utama adalah sesama umat manusia kita bisa saling silaturahmi, anda kami tuntun hingga berhasil dng garansi penuh !! saat anda kami pertemukan langsung dng raja gaib anda bisa meminta untuk mencairkan uang saat itu juga di tmp, ritual max 2mlm

    Pesugihan yg kami tawarkan adalah NIKAH JIN DARI GOLONGAN BAIK (tnp tumbal) / JUAL MUSUH / JUAL UMUR / JUAL JANIN / JUAL KELUARGA / TUYUL PUTIH SEDULUR PAPAT LIMO PANCER (tnp tumbal) / TUYUL HITAM (tnp tumbal) / UANG BALIK (tnp tumbal) / UANG METENG (tnp tumbal) / BUTO IJO, kami juga menerima pemasangan susuk kanjeng nyai roro kidul, azimat2 untuk pegangan hidup, ALHAMDULILLAH semua sdh terbukti banyak yg berhasil hingga tempat kami menjadi tempat ritual terakhir banyak orang yg sdh banyak tertipu, info detail silahkan anda buka http://pesugihankliwon.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum wrb,perkenalkan saya Sinta dari Padang saya pengusaha properti,saya ngin berbagi pengalaman kepada teman2 semua,dulu saya hanya penjual jamu keliling,hidup susah penghasilanpun hanya bisa untuk makan,saya punya anak tiga suami tinggalkan saya pada saat kelahiran anak saya yang ke 3.putus asa sempat terlintas dipikiran saya,tapi saya harus berjuang demi anak2 saya,tidak sengaja saya buka internet dan saya lihat no AKI.MANGKUBUNO.saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi saya ragu untuk menjalankannya tapi saya coba beranikan diri mengikuti saran beliau syukur alhamdulillah sekarang saya bisa sukses seperti ini usaha properti saya terbilang sukses,sekarang semua anak2 saya sekolah dan sudah ada yang sarjana,terimah kasih saya ucapkan pada Aki.MANGKUBUNO berkat anda saya bisa seperti ini,khusus untuk room ini terima kasih karna saya bisa berbagi pengalaman,untuk teman2 yang mau seperti saya atau yang sedang dalam kesusahan khususnya yang terlilit hutang banyak silahkan hub aki.MANGKBUNO.di nmr 085.203.333.887insya Allah dikasi solusi,ini pengalaman saya nyata dan tidak ada karangan apapun sumpah atas anam

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    ReplyDelete
  5. aswrwb Allahu Akbar,,,nama saya yuni astuti
    Kurang lebih sebulan yang lalu saya membuka internet di handpone dan saya menemukan testimonial teman saya yang pernah mengalami kesusahan ekononmi dan kesulitan bayar utang, saya pun menyimak ceritanya dan hampir masalahnya seperti yang saya alami waktu itu, adapun nomor hp yg ditulis atas nama abah RIDWAN SYUKUR AL HABIEB beliau ini adalah perantara ALLAH yang pernah memmbantunya melunasi utang utangnya yang menumpuk, nomor HP itu saya simpan dan suatu hari saya mencoba menghubungi beliau abah Ridwan saya curhat tentang masalah saya, dulu saya punya utang 2M d bank awalnya begini ceritanya saya adalh seorang menajer disalah satu perusahaan property kesuksesan saya lumayan baik udah punya fasilitas mObil dan rumah anak saya 2 orng sudah sekolah di SD dan SMP, Tapi saya mengalami cobaan hidup yg sangat pahit Suami saya terjerumus dengan NARKOBA saya mengalami kekerasan dalam rumahtangga, karena Narkoba itu suami saya selalu meminta uang untuk membeli narkoba jenis sabu sabu, saya pusing steres tinggkat tinggi biaya sekolah anak saya terhambat utang suami saya kesana kemari saya tutupi bahkan mobil saya jual dan sertifikat rumah saya gadai di salah satu BANK, SAYA PUN DI PECAT DI KANTOR SAYA BEKERJA, demi mempertahankan keluarga dan suami saya yang sudah kecanduan dengan Narkoba saya merelakan semua, tapi saya tidak putus asah tak hentihentinya saya shalat meminta petunjuk kpd Allah dan akhirnya dipertemukan dengan abah. singkat cerita saya bergabung dengan abah RIDWAN saya mengikuti semua arahannya dan akhirnya hanya 3 hari abah memberikan saya kesuksesan luar biasa utang saya lunas 2M di bank saya pun sudah punya usaha sendiri suami sya saya rujuk untuk direhabilitasi d BNN terimaksih abah demi ALLAH saya tdk bisa membalas kebaikan abah, saya Anggap abah adalah orangtua angkat saya.. DEMI ALLAH demi anak sya ini KISAH NYATA,, mau seperti saya hubngi abah RIDWAN SYUKUR AL HABIEB di 085-342-742-167 aman tanpa Tumbal,,,

    ReplyDelete
  6. aswrwb Allahu Akbar,,,nama saya yuni astuti
    Kurang lebih sebulan yang lalu saya membuka internet di handpone dan saya menemukan testimonial teman saya yang pernah mengalami kesusahan ekononmi dan kesulitan bayar utang, saya pun menyimak ceritanya dan hampir masalahnya seperti yang saya alami waktu itu, adapun nomor hp yg ditulis atas nama abah RIDWAN SYUKUR AL HABIEB beliau ini adalah perantara ALLAH yang pernah memmbantunya melunasi utang utangnya yang menumpuk, nomor HP itu saya simpan dan suatu hari saya mencoba menghubungi beliau abah Ridwan saya curhat tentang masalah saya, dulu saya punya utang 2M d bank awalnya begini ceritanya saya adalh seorang menajer disalah satu perusahaan property kesuksesan saya lumayan baik udah punya fasilitas mObil dan rumah anak saya 2 orng sudah sekolah di SD dan SMP, Tapi saya mengalami cobaan hidup yg sangat pahit Suami saya terjerumus dengan NARKOBA saya mengalami kekerasan dalam rumahtangga, karena Narkoba itu suami saya selalu meminta uang untuk membeli narkoba jenis sabu sabu, saya pusing steres tinggkat tinggi biaya sekolah anak saya terhambat utang suami saya kesana kemari saya tutupi bahkan mobil saya jual dan sertifikat rumah saya gadai di salah satu BANK, SAYA PUN DI PECAT DI KANTOR SAYA BEKERJA, demi mempertahankan keluarga dan suami saya yang sudah kecanduan dengan Narkoba saya merelakan semua, tapi saya tidak putus asah tak hentihentinya saya shalat meminta petunjuk kpd Allah dan akhirnya dipertemukan dengan abah. singkat cerita saya bergabung dengan abah RIDWAN saya mengikuti semua arahannya dan akhirnya hanya 3 hari abah memberikan saya kesuksesan luar biasa utang saya lunas 2M di bank saya pun sudah punya usaha sendiri suami sya saya rujuk untuk direhabilitasi d BNN terimaksih abah demi ALLAH saya tdk bisa membalas kebaikan abah, saya Anggap abah adalah orangtua angkat saya.. DEMI ALLAH demi anak sya ini KISAH NYATA,, mau seperti saya hubngi abah RIDWAN SYUKUR AL HABIEB di 085-342-742-167 aman tanpa Tumbal,,

    ReplyDelete
  7. aswrwb Allahu Akbar,,,nama saya yuni astuti
    Kurang lebih sebulan yang lalu saya membuka internet di handpone dan saya menemukan testimonial teman saya yang pernah mengalami kesusahan ekononmi dan kesulitan bayar utang, saya pun menyimak ceritanya dan hampir masalahnya seperti yang saya alami waktu itu, adapun nomor hp yg ditulis atas nama abah RIDWAN SYUKUR AL HABIEB beliau ini adalah perantara ALLAH yang pernah memmbantunya melunasi utang utangnya yang menumpuk, nomor HP itu saya simpan dan suatu hari saya mencoba menghubungi beliau abah Ridwan saya curhat tentang masalah saya, dulu saya punya utang 2M d bank awalnya begini ceritanya saya adalh seorang menajer disalah satu perusahaan property kesuksesan saya lumayan baik udah punya fasilitas mObil dan rumah anak saya 2 orng sudah sekolah di SD dan SMP, Tapi saya mengalami cobaan hidup yg sangat pahit Suami saya terjerumus dengan NARKOBA saya mengalami kekerasan dalam rumahtangga, karena Narkoba itu suami saya selalu meminta uang untuk membeli narkoba jenis sabu sabu, saya pusing steres tinggkat tinggi biaya sekolah anak saya terhambat utang suami saya kesana kemari saya tutupi bahkan mobil saya jual dan sertifikat rumah saya gadai di salah satu BANK, SAYA PUN DI PECAT DI KANTOR SAYA BEKERJA, demi mempertahankan keluarga dan suami saya yang sudah kecanduan dengan Narkoba saya merelakan semua, tapi saya tidak putus asah tak hentihentinya saya shalat meminta petunjuk kpd Allah dan akhirnya dipertemukan dengan abah. singkat cerita saya bergabung dengan abah RIDWAN saya mengikuti semua arahannya dan akhirnya hanya 3 hari abah memberikan saya kesuksesan luar biasa utang saya lunas 2M di bank saya pun sudah punya usaha sendiri suami sya saya rujuk untuk direhabilitasi d BNN terimaksih abah demi ALLAH saya tdk bisa membalas kebaikan abah, saya Anggap abah adalah orangtua angkat saya.. DEMI ALLAH demi anak sya ini KISAH NYATA,, mau seperti saya hubngi abah RIDWAN SYUKUR AL HABIEB di 085-342-742-167 aman tanpa Tumbal,

    ReplyDelete
  8. Calls Only ::{+16264653418}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    Ini adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI, kami adalah pemegang saham CREDIT UNION DAYA LESTARI prioritas utama kami adalah memberikan bantuan keuangan kepada keluarga Anda tempat kerja Anda baik proyek pinjaman pribadi yang memerlukan dana besar atau Anda kekurangan dana dan Anda memerlukan dana untuk situasi buas kami. sedang mengalami. dapat memberi Anda layanan keuangan ini tanpa mengklaim jaminan keamanan KTA karena kami tidak berada di sini untuk memperparah situasi keuangan Anda namun memberikan bantuan keuangan kepada Anda sehingga satu-satunya jawaban bagi Anda untuk mengatasi trauma keuangan Anda adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu berada dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu sehingga staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
    email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    BBM: {D8980E0B}
    Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena bertahun-tahun kerja sama membuat kami terus berjalan karena oleh karena itu penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa tekanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum Warahmatulahi Wbr....

      Sahabat-sahabatku yang saya hormati,sedikit saya mau sampaikan bahwa Blog dan nomor telpon saya cuama ada satu...tidak perna mengunakan lebih dari satu nomor hp...
      jika sahabat perna dirugikan/di tipu mengenai pusugihan yang mengatasnamakan saya-
      itu berarti kesalah diri anda sendiri.
      Sahabatku yang saya hormati jangan gampang tergiur dan percaya jika ada yg mengaku mengatasnamakan diri saya apalagi menghubungi nomor wattsaap yang diberikan oleh sang pelaku.
      saya tidak perna mengunakan komunikasi lewat wattsaap.
      Saya memang melayani dan membantu mengenai pesugihan,tetapai sama sekali tidak perana melalui komunikasi telpon saja dan saya sama sekali tidak perna membagikan nomor hp pribadi sy lewat medsos.
      dikarnakan banyaknya pengaduan sahabat yang dirugikan dgn pesugihan yg mengatasnamakan nama saya...maka dari itu saya akan membagikan no hp pribadi saya untuk pertama kalinya lewat medsos..
      Untuk mencegah bertambahnya korban PENIPUAN PESUGIHAN selanjutnya.
      Sahabat-sahabatku yang saya hormati,,saya cuma membantu PESUGIHAN PUTIH.
      PENGLARIS USAHA-
      PENAIKAN JABATAN-
      PENARIKAN DANA PUTIH-

      TTD: USTASD SHOLEH PATI
      HP: 0812-4834-9334
      tidak menggunakan Wattsaap.

      Delete
  9. Apakah kamu sudah tau prediksi togel mbah jambrong yang jitu? bila belum baca Prediksi jitu mbah jambrong Sgp

    ReplyDelete
  10. This article on blog commenting sites is extremely informative Thank you for posting such a well-written

    chris pratt

    ReplyDelete